Post Page Advertisement [Top]

ADMINISTRASIPERSYURATAN

CONTOH PROPOSAL PELATIHAN ADMINISTRASI


PROPOSAL
PELATIHAN ADMINISTRASI
PAC IPNU IPPNU KEC BRONDONG

A.   PENDAHULUAN
Menciptakan organisasi yang professional itu tidak mudah, baik itu secara personal maupun instansi organisasi itu sendiri, karena terkadang berorganisasi tidak dijadikan sebagai mediasi untuk belajar ataupun mengembangkan diri, namun hanya dijadikan sebagai formalitas saja. Organisator belum tentu bisa dalam segala hal karena tidak faham esensi dari berorganisasi itu sendiri. Banyak hal yang melatar belakangi kenapa ini perlu diperhatikan. Untuk itu PAC IPNU IPPNU BRONDONG memberikan Pelatihan Administrasi untuk menciptakan iklim tertib administrasi yang ada di Brondong. Hal itu merupakan salah satu komitmen PAC IPNU IPPNU BRONDONG dalam menciptakan good student governance.
Masalah administrasi dalam sebuah organisasi memang terkadang dianggap masalah sepele dan cenderung kurang diperhatikan sehingga sangat jarang dijumpai adanya pelatihan maupun training yang berkaitan dengan hal ini. Padahal sebenarnya hal ini sangatlah penting, mengingat orang-orang yang terjun dalam organisasi nantinya akan terjun ke masyarakat.
Administrasi yang berkaitan dengan surat menyurat dan masalah keuangan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Salah satu parameter kesuksesan sebuah organisasi adalah bagaimana organisasi tersebut bisa mewujudkan tertib administrasi, sehingga nantinya diharapkan segala hal yang ada dapat tertata dengan baik, teratur dan sistematis.
PAC IPNU IPPNU BRONDONG berupaya untuk mewujudkan tertib administrasi dilingkungan Pimpinan Anak Cabang mulai dari Pimpinan Ranting dan Pimpinan Komisariat yang merupakan unsur terpenting dalam Keluarga Besar PAC IPNU IPPNU BRONDONG.
Dalam rangka upaya mewujudkan tertib administrasi tadi maka PAC IPNU IPPNU BRONDONG mengambil inisiatif untuk menyelenggarakan Pelatihan Administrasi. Harapannya dari program ini nantinya akan ada sebuah pedoman yang jelas mengenai tata aturan pembuatan dan pengajuan proposal, pembuatan surat maupun sistem managemen keuangan organisasi. Langkah ini diambil dengan sebuah pertimbangan ternyata masih banyak organisasi yang ada di lingkungan PAC IPNU IPPNU BRONDONG yang belum memiliki sebuah tata aturan yang jelas kaitannya dengan soal administrasi. Hal ini terbukti dari masih banyaknya proposal ataupun surat organisasi yang belum sesuai dengan kaidah dan peraturan yang ada, semoga menjadi langkah awal bagi aktivis organisasi dalam mengaplikasikan karya nyatanya.

                                                                                     
B.   TEMA
Dalam Kegiatan PELATIHAN ADMINISTRASI kali ini kami memakai tema :
Pelajar Brondong Upgrading Administrasi




C.   TUJUAN
1.    Memperkuat Silaturrahmi Antar Kader IPNU IPPNU Se – Kec Brondong.
2.    Memberikan bekal kepada Kader IPNU IPPNU Se – Kec Brondong untuk Lebih profesional dalam bidang administrasi serta disiplin organisasi.
3.    Menciptakan Pengurus – Pengurus IPNU IPPNU Hebat baik ditingkatan Pimpinan Anak Cabang, Pimpinan Ranting, Maupun Pimpinan Komisariat

D.   WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :
Hari           : KamisJum’at
Tanggal     : 28 – 29 Maret 2019
Tempat      : Kompleks Masjid Syekh Maulana Al – Baqir, Betiring Brondong Lamongan

E.    PESERTA
Peserta terdiri dari perwakilan PR dan PK se-Kecamatan Brondong Dengan Kuota Sejumlah 70 peserta.

F.    SUSUNAN KEPANITIAAN
(Terlampir)

G.   JADWAL KEGIATAN
(Terlampir)

H.   ANGGARAN DANA
(Terlampir)

I.      PENUTUP
    Demikian proposal ini kami buat sebagai kerangka acuan pelaksanaan PELATIHAN ADMINISTRASI IPNU IPPNU Kec. Brondong dan sebagai upaya meningkatkan kualitas tertib administrasi bagi Anggota Pimpinan Anak Cabang. Semoga kegiatan ini dapat terlaksana sesuai dengan yang kita harapkan dan mendapat sambutan serta partisipasi dari berbagai pihak.
Brondong, 09 Jumadil Ula 1440 H.
14  Pebruari  2019 M.
PANITIA PELAKSANA
PELATIHAN ADMINISRASI
PAC IPNU IPPNU KEC.BRONDONG



MINAL AKHIRIN WALFAIZIN
Ketua Panitia  
SISKA ROHMAWATI
Sekretaris
Mengetahui,
PAC IPNU IPPNU KEC BRONDONG
MASA KHIDMAT 2018 – 2020

  

RIF’UL MUDLOLIB
Ketua IPNU
SHOFIYATUL BARIYAH
Ketua IPPNU


SUSUNAN KEPANITIAAN
PELATIHAN ADMINISTRASI BRONDONG

Penasehat                 : MWC NU Kec. Brondong
Penanggungjawab   : PAC IPNU IPPNU KEC. BRONDONG

Ketua Panitia             : Minal Akhirin Walfaizin
Wakil Ketua               : Fastabikhul Amal
Sekretaris                  : Siska Rohmawati
Bendahara                 : Rohmania

Seksi Acara               : Titin Nur Qomariyah (Koord)
                                    : Faiz Fikria Attamim
                                    : Alif Walihatus S.
                                    : Ratna Dilla

Seksi Sekretariatan  : Nanda Mufiqoh (Koord)
                                    : Isfi Ifadatur Rohmah

Seksi Perlengkapan : Nur Khafidhin (Koord)
                                    : Wifaqul Azmi
                                    : Afandi
                                    : Budi Setyawan

Seksi Konsumsi        : M. Shohibul Hakim (Koord)
                                    : Fizilail Muasyaroh
                                    : Aliyatur Rofi’ah
                                    : Ahmad Munir

Seksi Humas                         : M. Abdul Jalil (Koord)
: Miftahul Ulum
                                    : Hanif Maulana
                                    : Vita Fizzatur Rohmah
                                    : Ardiyanto
                                    : Fauziansyah
                                    : Nur Fadhilah

Seksi Dekdok            : M. Fiki Faridlwan (Koord)
                                    : Finta Maria
                                    : Faiz Maulana
                                    : Abid Arrohman
                                    ; Muhammad Yamin



RANGKAIAN ACARA
PELATIHAN ADMINISTRASI
RANGKAIAN ACARA KEGIATAN
PELATIHAN ADMINISTRASI

NO
HARI
WAKTU
KEGIATAN
Petugas
1
Selasa, 02 April
2019
13.00
-
16.00
Registrasi
Sie. Kesekretariatan

2
16.00
-
18.00
Ishoma
All

3
18.00
-
20.00
Kontrak Forum
Sie. Acara

4
20.00
-
22.30
Materi I "Persyuratan"
Narasumber : PC IPNU IPPNU Kab. Lamongan

5
22.30
-
23.00
Review & Praktek
Sie Acara

6
23.00
-
04.00
Istirahat Malam
All

7
Rabu, 03 April 2019
04.00
-
05.00
Sholat Subuh Berjama'ah
Pj. M. Abdul Jalil

8
05.00
-
06.00
Senam Pagi
Pipit Nazilah

9
06.00
-
07.00
Ziaroh
PR. IPNU IPPNU Betiring

10
07.00
-
08.00
Persiapan Materi
All

11
08.00
-
10.00
Materi II  "Peralatan Administrasi, Perlengkapan Sekretariatan & Pengarsipan"
Narasumber : PC IPNU IPPNU Kab. Lamongan

12
10.00
-
11.00
Review & Praktek
Sie. Acara

14
11.00
-
13.00
Istirahat
All

15
13.00
-
15.00
Materi III "Pelaporan"
Narasumber : Rekan Mu’id

16
15.00
-
16.00
Istirahat
All

17
16.00
-
18.00
Materi IV "Pendalaman Organisasi"
Narasumber : PC IPNU IPPNU Kab. Lamongan

18
18.00
-
19.30
ISHOMA
All

19
19.30
-
23.00
Istighosah, Pentas Seni, & Launching Hadroh
Panitia

20
23.00
-
04.30
Lelap
All

21
Kamis, 04 April 2019
04.30
-
05.30
Sholat Subuh Berjama'ah
PJ. M. Shohibul Hakim

22
05.30
-
09.00
Sayonara
All


NB : Jadwal Bisa Berubah Tergantung Kondisi lapangan!


ANGGARAN DANA
PELATIHAN ADMINISTRASI
PAC IPNU IPPNU KEC BRONDONG
PENDAPATAN
NO
URAIAN
VOL
SATUAN
HARGA @
JUMLAH
1
KAS PAC IPNU IPPNU Kec. Brondong
1
-
 Rp    200.000
 Rp      200.000
2
Registrasi Peserta
70
Org
 Rp      20.000
 Rp   1.400.000
3
TOTAL



 Rp   1.600.000
PENGELUARAN
NO
URAIAN
VOL
SATUAN
HARGA @
JUMLAH
1
Kesekretariatan





Surat Menyurat
1
Paket
 Rp    200.000
 Rp      200.000

Sertifikat
1
Paket
 Rp    250.000
 Rp      250.000

ID Card
70
Lembar
 Rp        2.500
 Rp      175.000

Buku Modul
70
Buah
 Rp      10.000
 Rp      700.000

Stiker
100
Lembar
 Rp        1.000
 Rp      100.000
2
DEKORASI & DOKUMENTASI





Banner
3
Lember
 Rp      75.000
 Rp      225.000
3
PERLENGKAPAN





Kamera
1
Paket
 Rp    150.000
 Rp      150.000

Sound System
1
Paket
 Rp 1.000.000
 Rp   1.000.000

Perlangkapan
1
Paket
 Rp      50.000
 Rp         50.000
4
PEMATERI





Pemateri
4
Orang
 Rp    100.000
 Rp      400.000
5
KONSUMSI





Makan (70 Org x 4 kali)
280
Porsi
 Rp      10.000
 Rp   2.800.000

Snack Peserta ( 70 Org x 4 Kali)
140
Bungkus
 Rp        2.000
 Rp      280.000

Air Minum Botol
1
Dus
 Rp      50.000
 Rp         50.000

Konsumsi Pemateri
10
Kotak
 Rp      15.000
 Rp      150.000

Air Minum Galon
6
Galon
 Rp      10.000
 Rp         60.000
6
Lain Lain





P3K
1
Paket
 Rp    100.000
 Rp      100.000

Lain Lain
1

 Rp    110.000
 Rp      110.000

Total



 Rp   6.800.000
- PENDAPATAN



 Rp     1.600.000
- PENGELUARAN



 Rp     6.800.000
- TOTAL DANA YANG DIBUTUHKAN


-Rp     5.200.000


Jadi, Melihat Anggaran dana di Atas, Estimasi dana yang dibutuhkan untuk Seluruh Kegiatan Ini Adalah Rp. 5.200.000 ;- , (Lima Juta Duaratus Ribu Rupiah).

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

-