ADMINISTRASI
Term Of Reference - Pelatihan Administrasi
TOR
(TERM OF
REFERENCE)
PELATIHAN
ADMINISTRASI
PIMPINAN ANAK
CABANG IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA –
IKATAN PELAJAR
PUTRI NAHDLATUL ULAMA KEC. BRONDONG
Bismillahirrahmanirrahim
A. LATAR BELAKANG
Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul
Ulama (IPPNU) merupakan organisasi yang ada di lingkungan Nahdlatul Ulama.
Lebih tepatnya IPNU dan IPPNU disebut sebagai anak dari Nahdlatul Ulama.
Sebagai anak, IPNU dan IPPNU mengemban peran besar dalam dua domain sekaligus.
Pertama, peran kepeloporan pelajar dan santri. Sebagai organisasi
berbasis pelajar, IPNU dan IPPNU menjadi wadah pembelajaran dan pengembangan
potensi serta kreatifitas mereka. IPNU dan IPPNU lantas dituntut berikhtiyar
memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan, karena keterkaitan genealogis
dengan kepentingan dan kebutuhan pelajar. Pada posisi ini, konstruksi kebijakan
dan sistem pendidikan menjadi fokus keberperanan IPNU dan IPPNU mengingat kualitas
konsep pendidikan berimplikasi langsung terhadap kualitas pelajar, baik di
ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik. Untuk itu, beragam program dan
agenda IPNU dan IPPNU tak dapat dilepaskan dari sejauhmana organisasi ini
menjadi motor penggerak bagi kualitas pelajar dan pendidikan dalam berbagai
aspek.
Kedua, peran kaderisasi NU. Dalam hal ini IPNU dan IPPNU berperan
sebagai penyangga struktur NU dan pelaksana kebijakan Nahdlatul Ulama pada
segmen pelajar dan santri. Dan untuk melahirkan kader NU berkualitas,
berdedikasi tinggi dan berkemampuan multidisipliner, maka IPNU dan IPPNU sebagai garda terdepan kaderisasi NU niscaya mampu
menciptakan ruang kondusif bagi dinamika organisatoris dan dialektika antar
kader. Peran-peran kepeloporan di domain kebangsaan dan keagamaan kader muda NU
harus menjadi trade mark IPNU dan IPPNU, utamanya dalam mengemban nilai-nilai
Ahlussunnah wal Jama’ah sebagai ideologi NU. Di titik ini, dalam rangka
optimalisasi peran-peran tersebut, maka penataan sistem organisasi berbasis
profesionalisme dan berciri organisasi modern harus senantiasa dilakukan,
mengingatmasih banyak ‘pekerjaan rumah’ yang musti dimapankan. Penataan
internal ini dilakukan dalam rangka beradaptasi dengan beragam tantangan dan
kemajuan zaman yang kian kompleks. Pada saat yang sama, formulasi sistem
kaderisasi musti disempurnakan dalam konteks rekrutmen kader yang lebih mapan
dan berkualitas.
Untuk menjamin terlaksananya dua agenda besar tersebut, maka organisasi
IPNU dan IPPNU harus dikelolah secara professional. Dalam hal ini yang paling
penting dibenahi terlebih dahulu adalah pelaksanaan sistem administrasi yang
ada. Sehinggga IPNU dan IPPNU mampu menjamin terlaksananya organisasi secara
professional.
B. DASAR PELAKSANAAN
Sekolah
administrasi ini dilaksanakan berdasarkan:
1.
PPP IPNU
2.
PPOA IPPNU
3.
Hasil Rapat Kerja PAC IPNU-IPPNU Kec. Brondong
4.
Rapat pengurus Departemen Organisasi IPNU bersama DPPO IPPNU
C.
TUJUAN
1.
Meningkatkan kualitas kader dalam
penataan administrasi organisasi
2.
Menciptakaan tata administrasi yang sesuai
dengan Peraturan Administrasi IPNU-IPPNU di tingkatan PAC, PR, dan PK.
D. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Sekolah
administrasi ini dilaksanakan pada :
Hari : Selasa s/d
Kamis
Tanggal : 02 – 04
April 2019
E. WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN
1.
Pendafataran dimulai tanggal 25 s/d 28 Maret 2019
2.
Pendaftaran peserta dapat
dilaksanakan secara online ( pelajarnubrondong.or.id ) dan offline atau dapat menghubungi:
1.
Siska Rohmawati Telp/WA : 085648438598
2.
Minal Akhirin W. Telp/WA : 085850828739
3.
Nanda Cahyani Telp/WA : 085735610162
F.
TARGET CAPAIAN
Peserta mampu menguasai materi dan pelaksanaan persuratan, laporan,
peralatan adminstrasi, perlengkapan sekeratarian secara teratur di
masing-masing PRdan PK.
G. PEMBELAJARAN
v Metode Pembelajaran
Dalam pembelajaran
di menggunakan metode:
1.
Ceramah
Peserta diberikan
penjelasan tentang pedoman administrasi dan penggunaannya.
2.
Diskusi
Peserta diajak
diskusi tentang penerapan dan pelaksanaan tata administrasi.
3.
Praktik
Peserta diajak
praktik dalam pelaksanaan pengelolaan administrasi.
v Materi
Materi yang akan
diberikan meliputi:
1.
Persuratan
Materi persuratan
akan menjelaskan tentang:
a. Persuratan IPNU
Persuratan IPNU
berisi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan surat IPNU sesuai dengan
Peraturan Administrasi yang ditentukan oleh pimpinan pusat. Dalam materi
persuratan IPNU ini akan membahas tentang segala bentuk surat dan pelaksanaan
pembuatan surat, hingga pengarsipan surat.
b.
Persuratan IPPNU
Persuratan IPPNU
adalah segala unsur surat IPPNU sesuai dengan Peraturan Administrasi yang
ditentukan oleh pimpinan pusat. Dalam materi persuratan IPPNU ini akan membahas
tentang segala bentuk surat dan pelaksanaan pembuatan surat, hingga pengarsipan
surat.
c.
Jenis-Jenis Surat
Meliputi segala
jenis surat yang ada di IPNU dan IPPNU. mulai dari penjelasan maupun
pelaksanaan.
d.
Persuratan Bersama
Materi persuratan
bersama ini membahas tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan surat
menyurat IPNU maupun IPPNU bersama organisasi/instansi/lembaga lain baik
dalam lingkungan NU maupun luar. Materi ini lebih difokuskan pelaksanaan surat
IPNU bersama IPPNU dan badan otonom, lembaga yang ada di dalam lingkungan
Nahdlatul Ulama.
e.
Penyusunan Peraturan, Intruksi Dan Siaran
Materi ini
difokuskan kepada proses dan penyusunan peraturan, intruksi dan siaran disetiap
tingkatan mulai dari PP, PW, PC hingga PR DAN PK.
2.
Peralatan Adminstrasi, Perlengkapan Sekeratarian, dan
Pengarsipan
Materi ini
membahas segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan penataan administrasi
IPNU dan IPPNU dan akan menjelaskan segala sesuatu yang harus dipenuhi didalam
sekretariatan IPNU dan IPPNU.
3.
Pelaporan
Dalam materi
pelaporan membahas segala sesuatu tentang pelaksanaan laporan IPNU dan IPPNU
maupun laporan bersama yang meliputi laporan pertanggungjawaban, laporan
perjalanan, laporan kegiatan, laporan berkala, laporan program kerja, laporan
pelaksanaan program.
4.
Pendalaman Organisasi
Pada materi ini
kita akan mempelajari tentang pengertian, ciri-ciri, unsur-unsur, dan
pentingnya berorganisasi.
v Jadwal Kegiatan
NO
|
HARI
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
Petugas
|
||||
1
|
Selasa, 02 April 2019
|
13:00
|
WIB
|
-
|
16:00
|
WIB
|
Registrasi
|
Sie. Kesekretariatan
|
2
|
16:00
|
WIB
|
-
|
18:00
|
WIB
|
Ishoma
|
All
|
|
3
|
18:00
|
WIB
|
-
|
20:00
|
WIB
|
Kontrak Forum
|
Sie. Acara
|
|
4
|
20:00
|
WIB
|
-
|
22:30
|
WIB
|
Materi I "Persyuratan"
|
Narasumber : PC IPNU IPPNU Kab. Lamongan
|
|
5
|
22:30
|
WIB
|
-
|
23:00
|
WIB
|
Review & Praktek
|
Sie Acara
|
|
6
|
23:00
|
WIB
|
-
|
04:00
|
WIB
|
Istirahat Malam
|
All
|
|
7
|
Rabu, 03 April 2019
|
04:00
|
WIB
|
-
|
05:00
|
WIB
|
Sholat Subuh Berjama'ah
|
Pj. M. Abdul Jalil
|
8
|
05:00
|
WIB
|
-
|
06:00
|
WIB
|
Senam Pagi
|
Pipit Nazilah
|
|
9
|
06:00
|
WIB
|
-
|
07:00
|
WIB
|
Ziaroh
|
PR. IPNU IPPNU Betiring
|
|
10
|
07:00
|
WIB
|
-
|
08:00
|
WIB
|
Persiapan Materi
|
All
|
|
11
|
08:00
|
WIB
|
-
|
10:00
|
WIB
|
Materi II "Peralatan
Administrasi, Perlengkapan Sekretariatan & Pengarsipan"
|
Narasumber : PC IPNU IPPNU Kab. Lamongan
|
|
12
|
10:00
|
WIB
|
-
|
11:00
|
WIB
|
Review & Praktek
|
Sie. Acara
|
|
13
|
11:00
|
WIB
|
-
|
12:30
|
WIB
|
Sholat Jum'at
|
Rekan - Rekan IPNU
|
|
14
|
12:30
|
WIB
|
-
|
13:30
|
WIB
|
Istirahat
|
All
|
|
15
|
13:30
|
WIB
|
-
|
15:30
|
WIB
|
Materi III "Pelaporan"
|
Narasumber : PC IPNU IPPNU Kab. Lamongan
|
|
16
|
15:30
|
WIB
|
-
|
16:00
|
WIB
|
Istirahat
|
All
|
|
17
|
16:00
|
WIB
|
-
|
18:00
|
WIB
|
Materi IV "Pendalaman Organisasi"
|
Narasumber : PC IPNU IPPNU Kab. Lamongan
|
|
18
|
18:00
|
WIB
|
-
|
19:30
|
WIB
|
ISHOMA
|
All
|
|
19
|
19:30
|
WIB
|
-
|
23:00
|
WIB
|
Istighosah, Pentas Seni, & Launching Hadroh
|
Panitia
|
|
20
|
23:00
|
WIB
|
-
|
04:30
|
WIB
|
Lelap
|
All
|
|
21
|
Kamis, 04 April 2019
|
04:30
|
WIB
|
-
|
05:30
|
WIB
|
Sholat Subuh Berjama'ah
|
PJ. M. Shohibul Hakim
|
22
|
05:30
|
WIB
|
-
|
09:00
|
WIB
|
Sayonara
|
All
|
NB : Jadwal Bisa
Berubah Tergantung Kondisi lapangan!
H. PESERTA
v Unsur Peserta
Peserta terdiri
dari unsur:
1.
Ketua PR dan PK IPNU Se-Kecamatan Brondong
2.
Sekretaris PR dan PK IPNU Se-Kecamatan Brondong
3.
Ketua PR dan PK IPPNU Se-Kabupaten Brondong
4.
Sekretaris PR dan PK IPPNU Se-Kabupaten Brondong
v Persyaratan Peserta
Persyaratan
peserta meliputi:
1.
Mengisi formulir pendaftaran baik online maupun offline.
2.
Foto 3x4 berwarna 2 lembar.
3.
Surat pernyataan siap mengikuti sekolah administrasi hingga selesai.
4.
Membawa surat mandat dari masing-masing PR dan PK.
5.
Membayar uang mandat sebesar Rp.25.000,-
6.
Peserta mampu mengoperasikan Ms. Word dan Ms. Excel.
7.
Masing-masing peserta wajib membawa laptop, flashdisk dan terminal
listrik + kabel rool.
8.
Membawa ATM (Alat Tulis Menulis).
9.
Setiap pertemuan memakai celana hitam/Rok, baju batik dan berjilbab
kuning bagi perempuan.
v Fasilitas Peserta
Peserta berhak
mendapatkan fasilitas sebagai berikut:
1.
Modul
2.
Snack
3.
Sertifikat
4.
Sticker
5.
Makan
6.
Ilmu
7.
Teman baru
I.
STRUKTUR KEPANITIAAN
Penasehat : MWC NU
Kec. Brondong
Penanggungjawab : PAC IPNU
IPPNU Kec Brondong
Ketua Panitia :
Minal Akhirin Walf.
Wakil Ketua Panitia : Fastabikhul
Amal
Sekretaris :
Siska Rohmawati
Wakil Sekretaris : Dwi
Putri Hariyani
Bendahara :
Rohmaniah
Wakil Bendahara : Nungki
Seksi Acara :
1. Titin Nur Qamariyah
2. Faiz Fikria Attamim
3. Ratna Dilla
4. Dya Nala Sari
5. Alif Walidatus S.
Sekretariatan :
1. Nanda Cahyani
2. Isfi Ifadatur
R.
Seksi Dekdok :
1. M. Fikri Faridlwan
2. Finta Maria
3. Faiz Maulana
4. Abid Ar-Rohman
Seksi Konsumsi :
1. M. Shokib
2. Fizila
3. Aliyatur Rofi’ah
4. Munir
Seksi Perlengkapan :
1. Nur Khafidin
2. Wifakul Azmi
3. Muhammad Affandi
4. Budi Setiawan
5. Pipit Nazilah
6. Asim Ma’lum
Humas :
1. M. Abdul Jalil
2. Hanif Maulana
3. Ardiyanto
4. Vita Vizatur R.
5. Ziansyah
6. Miftahul Ulum
7. Fadhillah
8. M. Yamin
J.
PENUTUP
Demikian Term of
Reference ini kami susun, sebagai gambaran pelaksanaan Pelatihan administrasi PAC
IPNU-IPPNU Brondong. Semoga bermanfaat dan selamat belajar, berjuang dan
bertaqwa.
Wallahulmuwafiq ila aqwamithariq.
Brondong, 16
Rajab 1440 H.
23
Maret 2019 M.
MINAL AKHIRIN WALFAIZIN
Ketua Panitia
|
SISKA ROHMAWATI
Sekretaris
|
Mengetahui,
MASA KHIDMAT 2018 – 2020
|
|
RIF’UL MUDLOLIB
Ketua IPNU
|
SHOFIYATUL BARIYAH
Ketua IPPNU
|
No comments:
Post a Comment