Post Page Advertisement [Top]

ADMINISTRASI

Term Of Reference - Pelatihan Administrasi



TOR
(TERM OF REFERENCE)
PELATIHAN ADMINISTRASI
PIMPINAN ANAK CABANG IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA –
IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA KEC. BRONDONG

Bismillahirrahmanirrahim

A.  LATAR BELAKANG
Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) merupakan organisasi yang ada di lingkungan Nahdlatul Ulama. Lebih tepatnya IPNU dan IPPNU disebut sebagai anak dari Nahdlatul Ulama. Sebagai anak, IPNU dan IPPNU mengemban peran besar dalam dua domain sekaligus.
Pertama, peran kepeloporan pelajar dan santri. Sebagai organisasi berbasis pelajar, IPNU dan IPPNU menjadi wadah pembelajaran dan pengembangan potensi serta kreatifitas mereka. IPNU dan IPPNU lantas dituntut berikhtiyar memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan, karena keterkaitan genealogis dengan kepentingan dan kebutuhan pelajar. Pada posisi ini, konstruksi kebijakan dan sistem pendidikan menjadi fokus keberperanan IPNU dan IPPNU mengingat kualitas konsep pendidikan berimplikasi langsung terhadap kualitas pelajar, baik di ranah kognitif, afektif maupun psikomotorik. Untuk itu, beragam program dan agenda IPNU dan IPPNU tak dapat dilepaskan dari sejauhmana organisasi ini menjadi motor penggerak bagi kualitas pelajar dan pendidikan dalam berbagai aspek.
Kedua, peran kaderisasi NU. Dalam hal ini IPNU dan IPPNU berperan sebagai penyangga struktur NU dan pelaksana kebijakan Nahdlatul Ulama pada segmen pelajar dan santri. Dan untuk melahirkan kader NU berkualitas, berdedikasi tinggi dan berkemampuan multidisipliner, maka IPNU dan IPPNU sebagai garda terdepan kaderisasi NU niscaya mampu menciptakan ruang kondusif bagi dinamika organisatoris dan dialektika antar kader. Peran-peran kepeloporan di domain kebangsaan dan keagamaan kader muda NU harus menjadi trade mark IPNU dan IPPNU, utamanya dalam mengemban nilai-nilai Ahlussunnah wal Jama’ah sebagai ideologi NU. Di titik ini, dalam rangka optimalisasi peran-peran tersebut, maka penataan sistem organisasi berbasis profesionalisme dan berciri organisasi modern harus senantiasa dilakukan, mengingatmasih banyak ‘pekerjaan rumah’ yang musti dimapankan. Penataan internal ini dilakukan dalam rangka beradaptasi dengan beragam tantangan dan kemajuan zaman yang kian kompleks. Pada saat yang sama, formulasi sistem kaderisasi musti disempurnakan dalam konteks rekrutmen kader yang lebih mapan dan berkualitas.
Untuk menjamin terlaksananya dua agenda besar tersebut, maka organisasi IPNU dan IPPNU harus dikelolah secara professional. Dalam hal ini yang paling penting dibenahi terlebih dahulu adalah pelaksanaan sistem administrasi yang ada. Sehinggga IPNU dan IPPNU mampu menjamin terlaksananya organisasi secara professional.

B.  DASAR PELAKSANAAN
Sekolah administrasi ini dilaksanakan berdasarkan:
1.    PPP IPNU
2.    PPOA IPPNU
3.    Hasil Rapat Kerja PAC IPNU-IPPNU Kec. Brondong
4.    Rapat pengurus Departemen Organisasi IPNU bersama DPPO IPPNU
C.  TUJUAN
1.    Meningkatkan kualitas kader dalam penataan administrasi organisasi
2.    Menciptakaan tata administrasi yang sesuai dengan Peraturan Administrasi IPNU-IPPNU di tingkatan PAC, PR, dan PK.
D.  WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Sekolah administrasi ini dilaksanakan pada :
Hari : Selasa s/d Kamis
Tanggal : 02 – 04 April 2019
E.  WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN
1.    Pendafataran dimulai tanggal 25 s/d 28 Maret 2019
2.    Pendaftaran peserta dapat dilaksanakan secara online ( pelajarnubrondong.or.id ) dan offline atau dapat menghubungi:
1.    Siska Rohmawati    Telp/WA   : 085648438598
2.    Minal Akhirin W.       Telp/WA   : 085850828739
3.    Nanda Cahyani        Telp/WA   : 085735610162
F.  TARGET CAPAIAN
Peserta mampu menguasai materi dan pelaksanaan persuratan, laporan, peralatan adminstrasi, perlengkapan sekeratarian secara teratur di masing-masing PRdan PK.
G. PEMBELAJARAN
v Metode Pembelajaran
Dalam pembelajaran di menggunakan metode:
1.    Ceramah
Peserta diberikan penjelasan tentang pedoman administrasi dan penggunaannya.
2.    Diskusi
Peserta diajak diskusi tentang penerapan dan pelaksanaan tata administrasi.
3.    Praktik
Peserta diajak praktik dalam pelaksanaan pengelolaan administrasi.
v Materi
Materi yang akan diberikan meliputi:
1.    Persuratan
Materi persuratan akan menjelaskan tentang:
a.    Persuratan IPNU
Persuratan IPNU berisi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan surat IPNU sesuai dengan Peraturan Administrasi yang ditentukan oleh pimpinan pusat. Dalam materi persuratan IPNU ini akan membahas tentang segala bentuk surat dan pelaksanaan pembuatan surat, hingga pengarsipan surat.
b.    Persuratan IPPNU
Persuratan IPPNU adalah segala unsur surat IPPNU sesuai dengan Peraturan Administrasi yang ditentukan oleh pimpinan pusat. Dalam materi persuratan IPPNU ini akan membahas tentang segala bentuk surat dan pelaksanaan pembuatan surat, hingga pengarsipan surat.
c.    Jenis-Jenis Surat
Meliputi segala jenis surat yang ada di IPNU dan IPPNU. mulai dari penjelasan maupun pelaksanaan.
d.    Persuratan Bersama
Materi persuratan bersama ini membahas tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan surat menyurat IPNU maupun IPPNU bersama organisasi/instansi/lembaga lain baik dalam lingkungan NU maupun luar. Materi ini lebih difokuskan pelaksanaan surat IPNU bersama IPPNU dan badan otonom, lembaga yang ada di dalam lingkungan Nahdlatul Ulama.
e.    Penyusunan Peraturan, Intruksi Dan Siaran
Materi ini difokuskan kepada proses dan penyusunan peraturan, intruksi dan siaran disetiap tingkatan mulai dari PP, PW, PC hingga PR DAN PK.
2.    Peralatan Adminstrasi, Perlengkapan Sekeratarian, dan Pengarsipan
Materi ini membahas segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan penataan administrasi IPNU dan IPPNU dan akan menjelaskan segala sesuatu yang harus dipenuhi didalam sekretariatan IPNU dan IPPNU.
3.    Pelaporan
Dalam materi pelaporan membahas segala sesuatu tentang pelaksanaan laporan IPNU dan IPPNU maupun laporan bersama yang meliputi laporan pertanggungjawaban, laporan perjalanan, laporan kegiatan, laporan berkala, laporan program kerja, laporan pelaksanaan program.
4.    Pendalaman Organisasi
Pada materi ini kita akan mempelajari tentang pengertian, ciri-ciri, unsur-unsur, dan pentingnya berorganisasi.
v Jadwal Kegiatan
NO
HARI
WAKTU
KEGIATAN
Petugas
1
Selasa, 02 April 2019
13:00
WIB
-
16:00
WIB
Registrasi
Sie. Kesekretariatan
2
16:00
WIB
-
18:00
WIB
Ishoma
All
3
18:00
WIB
-
20:00
WIB
Kontrak Forum
Sie. Acara
4
20:00
WIB
-
22:30
WIB
Materi I "Persyuratan"
Narasumber : PC IPNU IPPNU Kab. Lamongan
5
22:30
WIB
-
23:00
WIB
Review & Praktek
Sie Acara
6
23:00
WIB
-
04:00
WIB
Istirahat Malam
All
7
Rabu, 03 April 2019
04:00
WIB
-
05:00
WIB
Sholat Subuh Berjama'ah
Pj. M. Abdul Jalil
8
05:00
WIB
-
06:00
WIB
Senam Pagi
Pipit Nazilah
9
06:00
WIB
-
07:00
WIB
Ziaroh
PR. IPNU IPPNU Betiring
10
07:00
WIB
-
08:00
WIB
Persiapan Materi
All
11
08:00
WIB
-
10:00
WIB
Materi II  "Peralatan Administrasi, Perlengkapan Sekretariatan & Pengarsipan"
Narasumber : PC IPNU IPPNU Kab. Lamongan
12
10:00
WIB
-
11:00
WIB
Review & Praktek
Sie. Acara
13
11:00
WIB
-
12:30
WIB
Sholat Jum'at
Rekan - Rekan IPNU
14
12:30
WIB
-
13:30
WIB
Istirahat
All
15
13:30
WIB
-
15:30
WIB
Materi III "Pelaporan"
Narasumber : PC IPNU IPPNU Kab. Lamongan
16
15:30
WIB
-
16:00
WIB
Istirahat
All
17
16:00
WIB
-
18:00
WIB
Materi IV "Pendalaman Organisasi"
Narasumber : PC IPNU IPPNU Kab. Lamongan
18
18:00
WIB
-
19:30
WIB
ISHOMA
All
19
19:30
WIB
-
23:00
WIB
Istighosah, Pentas Seni, & Launching Hadroh
Panitia
20
23:00
WIB
-
04:30
WIB
Lelap
All
21
Kamis, 04 April 2019
04:30
WIB
-
05:30
WIB
Sholat Subuh Berjama'ah
PJ. M. Shohibul Hakim
22
05:30
WIB
-
09:00
WIB
Sayonara
All

NB : Jadwal Bisa Berubah Tergantung Kondisi lapangan!

H.  PESERTA
v Unsur Peserta
Peserta terdiri dari unsur:
1.   Ketua PR dan PK IPNU Se-Kecamatan Brondong
2.   Sekretaris PR dan PK IPNU Se-Kecamatan Brondong
3.   Ketua PR dan PK IPPNU Se-Kabupaten Brondong
4.   Sekretaris PR dan PK IPPNU Se-Kabupaten Brondong

v Persyaratan Peserta
Persyaratan peserta meliputi:
1.   Mengisi formulir pendaftaran baik online maupun offline.
2.   Foto 3x4 berwarna 2 lembar.
3.   Surat pernyataan siap mengikuti sekolah administrasi hingga selesai.
4.   Membawa surat mandat dari masing-masing PR dan PK.
5.   Membayar uang mandat sebesar Rp.25.000,-
6.   Peserta mampu mengoperasikan Ms. Word dan Ms. Excel.
7.   Masing-masing peserta wajib membawa laptop, flashdisk dan terminal listrik + kabel rool.
8.   Membawa ATM (Alat Tulis Menulis).
9.   Setiap pertemuan memakai celana hitam/Rok, baju batik dan berjilbab kuning bagi perempuan.

v Fasilitas Peserta
Peserta berhak mendapatkan fasilitas sebagai berikut:
1.   Modul
2.   Snack
3.   Sertifikat
4.   Sticker
5.   Makan
6.   Ilmu
7.   Teman baru

I.    STRUKTUR KEPANITIAAN
Penasehat                  : MWC NU Kec. Brondong
Penanggungjawab      : PAC IPNU IPPNU Kec Brondong

Ketua Panitia            : Minal Akhirin Walf.
Wakil Ketua Panitia    : Fastabikhul Amal
Sekretaris                  : Siska Rohmawati
Wakil Sekretaris         : Dwi Putri Hariyani
Bendahara                 : Rohmaniah
Wakil Bendahara        : Nungki
Seksi Acara               : 1. Titin Nur Qamariyah
                                      2. Faiz Fikria Attamim
                                      3. Ratna Dilla
                                      4. Dya Nala Sari
                                      5. Alif Walidatus S.
Sekretariatan            : 1. Nanda Cahyani
                                       2. Isfi Ifadatur R.
Seksi Dekdok            : 1. M. Fikri Faridlwan
                                      2. Finta Maria
                                      3. Faiz Maulana
                                      4. Abid Ar-Rohman
Seksi Konsumsi       : 1. M. Shokib
                                      2. Fizila
                                      3. Aliyatur Rofi’ah
                                      4. Munir
Seksi Perlengkapan : 1. Nur Khafidin
                                      2. Wifakul Azmi
                                      3. Muhammad Affandi
                                      4. Budi Setiawan
                                      5. Pipit Nazilah
                                      6. Asim Ma’lum
Humas                       : 1. M. Abdul Jalil
                                      2. Hanif Maulana
                                      3. Ardiyanto
                                      4. Vita Vizatur R.
                                      5. Ziansyah
                                      6. Miftahul Ulum
                                      7. Fadhillah
                                      8. M. Yamin

J.   PENUTUP
Demikian Term of Reference ini kami susun, sebagai gambaran pelaksanaan Pelatihan administrasi PAC IPNU-IPPNU Brondong. Semoga bermanfaat dan selamat belajar, berjuang dan bertaqwa.

Wallahulmuwafiq ila aqwamithariq.

Brondong, 16    Rajab 1440 H.
23   Maret 2019 M.
PANITIA PELAKSANA
PELATIHAN ADMINISRASI
PAC IPNU IPPNU KEC.BRONDONG



MINAL AKHIRIN WALFAIZIN
Ketua Panitia  
SISKA ROHMAWATI
Sekretaris
Mengetahui,
PAC IPNU IPPNU KEC BRONDONG
MASA KHIDMAT 2018 – 2020

  

RIF’UL MUDLOLIB
Ketua IPNU
SHOFIYATUL BARIYAH
Ketua IPPNU



No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]

-